10 Negara Terkecil di Dunia

Jumlah negara di dunia saat ini ada sekitar 106 termasuk Taiwan di dalamnya. Dari sekian banyak negara tersebut ada negara yang memiliki luas wilayah yang sangat besar dan ada pula yang memiliki luas wilayah yang sangat kecil. Saking kecilnya luas wilayah negara tersebut bisa jadi lebih kecil dari desa anda atau bahkan lebih kecil dari luas wilayah  RT anda.

Daftar 10 negera terkecil di dunia

Dalam daftar 10 Negara terkecil di dunia yang akan dipaparkan berikut ini, ada negara yang hanya memiliki luas wilayah 0,44 km² atau kurang lebih 44 kali lapangan sepak bola. Namun, walaupun luas wilayahnya sekecil itu tetap saja itu merupakan sebuah negara resmi yang diakui dunia.

Dari 10 negara terkecil di dunia ini jika digabungkan seluruh wilayahnya hanya mencapai luas total 1491,4 km² atau kurang lebih dua kali luas DKI Jakarta.

Berikut adalah daftar negara-negara terkecil di dunia yang diliris pada awal tahun 2019

10. Malta - Luas Wilayah: 316 km² 

Bendera negara terkecil di dunia
Bendera Malta

Malta adalah negara kepulauan yang terletak di Laut Mediterania. Republik Malta yang luasnya hampir sama dengan luas Kota Surabaya sebenarnya terdiri dari tiga pulau: Gozo, Comino, dan Malta. Pulau Malta yang sekaligus menjadi nama negara tersebut merupakan pulau terbesar dari pulau lainnya. Jumlah penduduk di negara kecil ini pada tahun 2017 sekitar 460.297 jiwa, sehingga Malta menjadi salah satu negara terpadat di dunia. 

negara terkecil di dunia

Malta menjadi tujuan wisata yang sangat populer bagi wisatawan asing dari seluruh dunia. Mereka  datang ke Malta karena cuacanya yang cerah, pantai yang indah, kaya dengan berbagai sejarah serta kehidupan malam yang semarak. Luas wilayah Malta yang hanya terdiri dari 316 kilometer persegi, berada di urutan nomor sepuluh negara terkecil di dunia.

9. Maladewa - Luas Wilayah: 300 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Mungkin anda sering mendengar tentang Maladewa terutama dalam dunia sepak bola tingkat Asia. Tim Nasional Indonesia telah beberapa kali berhadapan dalam pertandingan sepak bola dengan Maladewa.

Ternyata Maladewa merupakan negara terkecil di Asia dalam hal luas dan populasi. Di Maladewa terdapat lebih dari 1.000 pulau karang dengan pantai pasir putihnya yang menawan serta air lautnya yang biru jernih, sehingga membuat Maladewa menjadi tujuan wisata pantai yang eksotik bagi para turis dari seluruh dunia. 

negara terkecil di dunia

Negara ini pernah menjadi koloni banyak kerajaan, seperti Portugis, Belanda, dan Inggris. Maladewa menjadi negara merdeka pada tahun 1965. Maladewa adalah negara terkecil kesembilan di dunia dengan luas daratan yang mencapai 300 kilometer persegi.

8. Saint Kitts dan Nevis - Luas Wilayah: 261 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Negara terkecil di dunia nomor delapan ini berada di laut Karibia. Saint Kitts dan Nevis ini adalah dua pulau dari beberapa pulau pertama yang ditempati oleh orang Eropa. Mereka menempati total 261 kilometer persegi. 

negara terkecil di dunia

Perekonomian negara ini sangat tergantung pada pariwisata disamping pertanian, dan industri manufaktur kecil. Pulau-pulau juga menyediakan situs menyelam yang fantastis karena kehidupan laut yang melimpah. Dulu Saint Kitts dan Nevis merupakan negara eksportir gula utama selama berabad-abad, namun sekarang perkebunan besar telah dikonversi menjadi hotel dan resor.

7. Kepulauan Marshall - Luas Wilayah: 181 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Kepulauan Marshall berada di Samudra Pasifik yang secara resmi negara tersebut bernama Republik Kepulauan Marshall. Negara ini berada di antara Negara Bagian Hawaii dan benua Australia, sehingga dianggap sebagai bagian dari Mikronesia. 

negara terkecil di dunia

Sebagai negara kepulauan maka di sekeliling pulau-pulau ini begitu banyak ditemukan berbagai jenis kehidupan laut. Di Kepulauan Marshall ada sekitar 1000 spesies ikan serta 160 jenis karang. Kepulauan Marshall menempati urutan ke tujuh sebagai negara terkecil ketujuh di dunia dengan luas wilayah 181 kilometer persegi.

6. Liechtenstein - Luas Wilayah: 160 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Liechtenstein adalah satu-satunya negara di dunia yang sepenuhnya terletak di pegunungan, yaitu pegunungan Alpen. Liechtenstein terletak antara Swiss dan Austria, namun walaupun berada di antara Swiss dan Austria, bahasa yang digunakan dinegara ini adalah bahasa Jerman.

negara terkecil di dunia

Liechtenstein adalah negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita yang tinggi. Jika di Indonesia angka pengangguran mencapai 5,33%, di Liechtenstein tingkat pengangguran sangat rendah yaitu 1,5%. Sayangnya negara ini belum memiliki bandara sehingga para pengunjung dari luar negerinya harus masuk melalui Bandara Zurich Swiss untuk mencapai negara Liechtenstein yang masih diperintah oleh seorang pangeran. 

Dengan luas wilayah 160 kilometer persegi, Liechtenstein masuk sebagai negara terkecil keenam di dunia.

5. San Marino - Luas Wilayah: 61 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Bagi para penggemar MotoGP pasti pernah mendengar bahkan melihat San Marino walau hanya sirkuitnya. Republik San Marino letaknya di Italia, karena negara ini dikelilingi sepenuhnya oleh Italia. Tepatnya berada di sisi Utara Italia.

negara terkecil di dunia

Dengan total luas wilayah 61 kilometer persegi, San Marino menjadi negara terkecil kelima di dunia. San Marino mengklaim bahwa negaranya merupakan negara berdaulat tertua yang bertahan hidup di dunia. Sebagaimana negara kecil lainnya di San Marino angka pengangguran sangat rendah.

4. Tuvalu - Luas Wilayah: 26 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Negara yang hanya memiliki 11.192 penduduk ini sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, Tuvalu merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji. Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol besar. 

negara terkecil di dunia

Negara ini dulunya merupakan wilayah Inggris tetapi menjadi merdeka pada tahun 1978. Tuvalu termasuk negara terpencil yang lokasinya cukup jauh bagi para wisatawan, sehingga di negara kepulauan ini walaupun memiliki keindahan alam yang mempesona,  pariwisata tidak terlalu signifikan. Dengan luas wilayah yang hanya mencapai 26 kilometer persegi Tuvalu termasuk ke dalam negara terkecil nomor empat di dunia.

3. Nauru - Luas Wilayah: 21 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Nauru secara resmi bernama Republik Nauru dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant. Nauru adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Nauru adalah negara pulau terkecil di dunia. Itu dikenal pada 1980-an karena penambangannya yang booming, tetapi sekarang merupakan pulau yang sepi dari wisatawan karena sumber fofatnya telah habis. 

negara terkecil di dunia

Sekarang tingkat pengangguran nasional Nauru mencapai 90%, dengan 10% sisanya dipekerjakan oleh pemerintah. Nauru juga dikenal sebagai negara dengan orang dengan obesitas terbanyak di dunia, dengan 97% pria dan 93% wanita mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Karena itu, Nauru juga merupakan rumah bagi diabetes tipe 2 tingkat tertinggi di dunia, dengan 40% populasinya menderita penyakit tersebut. Nauru memiliki total 21 kilometer persegi, yang menjadikannya negara terkecil ketiga di dunia.

2. Monako - Luas Wilayah: 2 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Siapa yang tidak kenal Monaco? Orang Indonesia pasti lebih mengenal Monaco bukan karena balapan Formula One yang paling seru, namun karena bendera Monaco sama persis dengan bendera Indonesia, yaitu Merah Putih.
negara terkecil di dunia

Monako yang terletak di Eropa Barat ini adalah rumah bagi para miliarder dunia. Monaco sangat terkenal karena tempat judi kelas dunia yang wah, industri barang dan jasa yang mewah, apa lagi ketika berlangsung balapan jet darat Formula 1, Monako adalah taman bermain favorit orang kaya kelas dunia. 

Berbatasan dengan Prancis di tiga sisi dan di satu sisi oleh Laut Mediterania, Monaco memiliki luas wilayah hanya 2 km persegi dengan populasi lebih dari 36.000. Dengan demikian Monako adalah negara terpadat di dunia yang sekaligus menjadi negara terkecil nomor dua di dunia.

1. Kota Vatikan - Luas Wilayah: 0,44 km²

Bendera negara terkecil di dunia

Vatikan merupakan sebuah negara di dalam kota yaitu Kota Roma Italia. Vatikan memiliki nama resmi Negara Kota Vatikan, merupakan sebuah enklave yang dikelilingi tembok sebagai pembatas. Dengan luas hanya 0,44 km persegi maka Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang diakui secara internasional.

negara terkecil di dunia

Negara yang memiliki luas 44 kali lapangan bola ini dikenal sebagai Tahta Suci. Dengan hanya 0,44 kilometer persegi, Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia berdasarkan luas daratan. Negara ini merupakan pusat Gereja Katolik. 

Penghasilannya berasal dari kontribusi sukarela lebih dari 1 miliar anggota Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Sisanya berasal dari penjualan pranko, kenang-kenangan wisata, dan biaya masuk museum.

50 Negara Terkecil di Dunia

1 Kota Vatikan luas wilayah: 0.44 km²
2 Monako 2.02 km²
3 Nauru 21 km²
4 Tuvalu 26 km²
5 San Marino 61 km²
6 Liechtenstein 160 km²
7 Kepulauan Marshall 181 km²
8 Saint Kitts dan Nevis 261 km²
9 Maladewa 298 km²
10 Malta 316 km²
11 Grenada 344 km²
12 Saint Vincent dan Grenadin 389 km²
13 Barbados 431 km²
14 Antigua dan Barbuda 443 km²
15 Seychelles 455 km²
16 Palau 459 km²
17 Andorra 468 km²
18 Saint Lucia 606 km²
19 Singapura 687 km²
20 Mikronesia 702 km²
21 Tonga 717 km²
22 Dominica 751 km²
23 Bahrain 765 km²
24 Kiribati 811 km²
25 Sao Tome 964 km²
26 Komoro 1,862 km²
27 Mauritius 2.030 km²
28 Luksemburg 2,586 km²
29 Samoa 2.821 km²
30 Cape Verde 4.033 km²
31 Trinidad dan Tobago 5.128 km²
32 Brunei 5.265 km²
33 Siprus 9.241 km²
34 Gambia 10.000 km²
35 Bahama 10.010 km²
36 Lebanon 10.230 km²
37 Jamaika 10.831 km²
38 Qatar 11.586 km²
39 Vanuatu 12.189 km²
40 Montenegro 13.452 km²
41 Timor Timur 14.874 km²
42 Swaziland 17.204 km²
43 Kuwait 17.818 km²
44 Fiji 18.274 km²
45 Slovenia 20.151 km²
46 Israel 20.330 km²
47 El Salvador 20.721 km²
48 Belize 22.806 km²
49 Djibouti 23.180 km²
50 Makedonia 25.433 km²

Demikian info 10 Negara Terkecil di Dunia yang diliris pada awal Januari 2019. Semoga ada manfaatnya. Jika saran atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar.

Terimakasih sudah mampir ke blog 10 TERPOPULER di www.10thetop.com