10 Perusahaan Dunia dengan Kekayaan Terbesar di 2020.

Apa saja 10 perusahaan dengan kekayaan terbesar di dunia?

Peringkat tersebut didasarkan pada kapitalisasi pasar. Ini dihitung dengan mengalikan jumlah saham yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan nilai satu saham tersebut.

Data dalam artikel ini relevan pada 20 Januari 2020.

Dapatkah anda menebak perusahaan apa yang menjadi peringkat pertama?

10. Visa Inc.


Visa Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 441.61 Miliar Dolar (±7,25 Kuadriliun Rupiah) 

Produk : Jasa Keuangan

Visa Inc. didirikan pada tahun 1958. adalah perusahaan internasional yang melakukan transaksi pembayaran dan transfer bank antar lembaga keuangan. Visa adalah sistem pembayaran terbesar kedua di dunia berdasarkan kartu yang dikeluarkan dan data transaksi. Anda dapat membayar dengan kartu Visa di lebih dari 200 negara.

Sebagian besar transaksi perusahaan diproses menggunakan jaringan pembayaran elektronik VisaNet. Yang luar biasa bahwa perusahaan ini memiliki empat pusat untuk memproses transfer ini, yang berlokasi di Colorado, Virginia, London, dan Singapura. Mereka terlindungi dengan baik dari kemungkinan campur tangan kriminal dan bencana alam.

9. Tencent


Tencent Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 492 Miliar Dolar (±8,09 Kuadriliun  Rupiah) 

Produk : Jejaring Sosial, Aplikasi Pesan Instan, Media Massa, Portal Web, dll.

Tencent adalah perusahaan ventura, konglomerat, jasa investasi, dan salah satu perusahaan terbesar di industri game. Perusahaan raksasa Tiongkok ini, didirikan pada tahun 1998, menempati posisi ke-9 dalam peringkat perusahaan terbesar di dunia.

Layanannya meliputi jejaring sosial, game mobile, musik, portal web, sistem pembayaran, e-commerce, layanan Internet, smartphone, dan game online multi-pemain, yang termasuk yang terbesar dan paling sukses di dunia dalam kategori masing-masing.

8. Berkshire Hathaway Inc.


Berkshire Hathaway Inc. Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 562 Miliar Dolar (±9,22 Kuadriliun  Rupiah) 

Produk : Asuransi, Jasa Keuangan, Transportasi Kereta Api, Utilitas, Makanan, dan Produk Non-Makanan.

Perusahaan ini dikenal karena pemilik tetapnya, seorang investor Amerika dan pengusaha: Warren Buffett. Perusahaan ini berkantor pusat di Omaha, Nebraska, AS. Harga sahamnya sebesar $ 344.970 yang menjadikannya saham termahal di dunia. Lebih dari 40.000 pemegang saham ikut serta dalam pertemuan tahunan 2015.

7. Alibaba Group

Alibaba Group Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 610 Miliar Dolar (±10 Kuadriliun  Rupiah) 

Produk : E-commerce, Jasa Lelang Online, Transfer Uang Online, Mobile Commerce.

Perusahaan Alibaba adalah salah satu platform perdagangan virtual terbesar di Cina dan dunia, menarik perhatian pembeli dengan harga yang terjangkau dan berbagai barang yang disajikan.

Didirikan pada 4 April 1999, perusahaan ini menyediakan layanan konsumen, bisnis-konsumen dan bisnis melalui portal web, serta layanan pembayaran elektronik, sistem pencarian untuk pelanggan, dan penyimpanan data.

6. Facebook

Facebook Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 610 Miliar Dolar (±10,38 Kuadriliun Rupiah) 

Produk : Jejaring Sosial, Aplikasi Pesan Instan.

Facebook dikembangkan oleh Mark Zuckerberg pada Februari 2004. Jejaring sosial Facebook saat ini dikunjungi oleh lebih dari 2 miliar orang setiap hari. Dan nilai pasar $ 633,49 miliar hanyalah indikator  popularitas untuk proyek Internet.

Hari ini, Facebook menghasilkan lebih dari $ 22 miliar laba bersih tahunan karena iklan online. Selain itu, perusahaan ini adalah pemimpin dalam daftar TOP 10 dalam hal profitabilitas, karena laba bersihnya meningkat 54% dalam satu tahun terakhir saja.

5. Amazon Inc.

Amazon Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 924 Miliar Dolar (±15,17 Kuadriliun  Rupiah) 

Produk : E-Commerce, Bisnis Retail

Pada 7 Januari 2019, Amazon menjadi perusahaan termahal di dunia untuk pertama kalinya menyusul pesaingnya - Microsoft. Saat ini, ia menempati urutan kelima dalam daftar perusahaan terbesar. Amazon adalah perusahaan ritel Amerika yang menjual dan mengirimkan berbagai barang melalui internet.

Pengguna internet, pemasok, dan produsen dapat menjual barang sendiri dengan menggunakan situs web Amazon sebagai tempat online. Lini bisnis utama perusahaan ini menjual berbagai barang. Popularitas layanan melonjak berkat barang-barang berkualitas tinggi, harga murah, pengiriman yang cepat.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos. Amazon berkantor pusat di Seattle, WA, AS. Menurut perkiraan keseluruhan, perusahaan mempekerjakan sekitar 647.500 orang dan memiliki lebih dari $ 162 miliar aset pada saat tertentu. Omset tahunannya mencapai sekitar $ 232 miliar.

4. Alphabet Inc.

Alphabet Inc. Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 1,02 Triliun Dolar (±16,76 Kuadriliun Rupiah) 

Produk : Internet, Mesin Pencari, dll.

Google, perusahaan Internet yang terkenal secara internasional, baru-baru ini mengubah nama resminya menjadi Alphabet karena perusahaan itu sudah lama keluar dari lingkup mesin pencari Google, dan sekarang ia memiliki banyak anak perusahaan lain juga.

Sergey Brin dan Larry Page, yang bersama-sama menciptakan perusahaan besar pada tahun 1998, adalah kepala perusahaan ini. Lebih dari tiga puluh layanan populer dan sub-perusahaan adalah bagian dari holding: AdWords, Android, YouTube, dll.

3. Microsoft

Microsoft Perusahaan Terkaya di Dunia

Total Kekayaan : 1,27 Triliun Dolar (±20,89 Kuadriliun Rupiah) 

Produk : Pengembangan Software, Sistem Operasi, Konsol Game

Perusahaan Paling Berharga ketiga di Dunia adalah Microsoft. Perusahaan yang terkenal secara internasional ini didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates, yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia saat ini. Pada saat itu, Microsoft adalah pengembang perangkat lunak pertama yang menyarankan menggunakan perangkat lunak paket untuk komputer di rumah yang dengan demikian akan membuat pengalaman PC yang ramah pengguna dan intuitif.

sistem operasi Microsoft Windows adalah terobosan nyata karena memungkinkan pengguna biasa untuk menguasai keterampilan PC dengan mudah. Sistem ini membawa perusahaan sukses luar biasa dan keuntungan besar.

Saat ini, Microsoft adalah salah satu perusahaan terkemuka di pasar perangkat lunak PC juga. Ini merilis sistem operasi Windows generasi baru, satu set aplikasi untuk bekerja dengan dokumen yang disebut Microsoft Office, dan banyak program perangkat lunak lainnya. Selain itu, Microsoft memproduksi sendiri perangkat dan aksesori, video, audio, dan peralatan kantor.

2. Apple Inc.

Apple Inc. Perusahaan terbesar Dunia

Total Kekayaan : 1,4 Triliun Dolar (±23,02 Kuadriliun Rupiah) 

Produk : Komputer dan tablet pribadi, ponsel, pemutar audio.

Untuk waktu yang lama, Apple adalah perusahaan paling berharga di dunia. Tetapi karena situasi dengan penjualan iPhone yang mengecewakan, itu kehilangan keunggulannya. Namun situasinya jauh lebih baik sekarang: perusahaan memenangkan kembali posisinya. Hari ini, Apple adalah yang kedua dalam hal kapitalisasi pasar.

Pada saat yang sama, perusahaan terus menempati posisi pertama pada daftar merek paling mahal. Hari ini logo perusahaan diakui oleh banyak orang karena Apple menjadi merek yang paling sukses. Nilainya diperkirakan $ 1,397 miliar oleh para ahli dari lembaga pemeringkat.

Perusahaan ini didirikan pada 1 April 1976 oleh Steve Wozniak, Ronald Wayne, dan Steve Jobs. Trio awalnya terlibat dalam perakitan komputer di rumah dan memproduksi model PC eksklusif. Tetapi kesuksesan terbesar mereka datang hanya dalam beberapa tahun terakhir ketika Apple memperkenalkan jajaran produk ponselnya ke dunia - smartphone iPhone dan tablet iPad.

Saat ini, rangkaian produknya luas dan mencakup jam tangan pintar, komputer dan laptop, tablet dan telepon pintar, dan banyak lagi. Namun, ciri khas popularitas gadget "apel" adalah kualitas tinggi, desain penuh gaya, dan program pemasaran yang brilian oleh Steve Jobs.

1. Saudi Aramco

Saudi aramco Perusahaan Terbesar Di Dunia

Total Kekayaan : 1,88 Triliun Dolar (±31 Kuadriliun Rupiah) 

Produk : Minyak, Gas Alam, dan Produk petrokimia lainnya.

Setelah sukses menerbitkan saham di bursa, Saudi Aramco (Perusahaan Minyak Arab Saudi) menjadi perusahaan termahal di dunia. Perusahaan ini secara resmi menerbitkan laporan keuangannya pertama pada tahun 2019. Tak lama setelah rilis saham di bursa Tadawul, nilai perusahaan hampir mencapai 1,9 triliun dolar.

Raksasa minyak telah melampaui semua harapan dengan saham yang dikeluarkan: IPO-nya dianggap salah satu yang paling sukses dalam sejarah. Mereka mengatakan bahwa Saudi Aramco akan menggunakan hampir semua keuntungan untuk berbagai merger, pembelian, dan perluasan pengaruhnya di dunia.

Secara khusus, perusahaan bermaksud untuk menjadi pemimpin dalam produksi gas alam cair. Saat ini, Saudi Aramco dianggap sebagai salah satu pemimpin dunia dalam produksi dan cadangan minyak.