10 Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Dalam dunia perfilman Holywood dikenal suatu piala penghargaan yang bernama "Oscar", yang membuat para pelaku perfilman dunia ingin sekali dapat memperolehnya. Walaupun secara materi piala Oscar tidaklah mempunyai nilai yang berarti, tetapi secara simbol piala tersebut mempunyai nilai yang tinggi bagi insan perfilman apalagi dapat memperolehnya.
Dengan proses yang panjang dalam memilih mana film yang layak masuk nominasi, dan menghitung jumlah suara yang didapat untuk film yang layak disebut "Best Picture". maka 10 Terpopuler memlih 10 Film yang layak disebut sebagai Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa.

10 Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

10. Gone With the Wind (1939)
Kisah epik kehidupan seorang wanita selama salah satu periode paling kacau dalam sejarah Amerika. Dari masa mudanya yang lugu di perkebunan feodalistik hingga jalanan Atlanta yang dilanda perang; dari kisah cinta pertamanya yang selalu dia inginkan untuk tiga suami; dari kemewahan sepenuhnya ke kelaparan dan kemiskinan yang amat sangat; dari kepolosannya hingga memahami hidupnya. Film ini adalah salah satu contoh terbaik dari karya Hollywood berskala besar, lucu, sedih, semua tercampur. Sebagai bonus, Vivien Leigh menawarkan salah satu pertunjukan akting yang hebat pada masanya di film ini sebagai Scarlett O'Hara.

10 Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

9. All About Eve (1950)
Film ini mungkin memiliki dialog yang paling dapat dikutip dalam sejarah film. Plotnya adalah keseharian Hollywood yang jarang terjadi pada persaingan profesional para artis, dan hal ini dianggap jenius; ada banyak pertunjukan hebat di bawah penulis-sutradara Joseph L. Mankiewicz. Seiring dengan "Titanic" dan "La La Land," ia memegang rekor Oscar untuk nominasi, dengan masing-masing menghasilkan 14 piala oscar; dan film "Eve" memenangkan enam diantaranya.

10 Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

8. The Hurt Locker (2008)
Sutradara Kathryn Bigelow dan penulis skenario Mark Boal dianggap cukup berhasil ketika banyak pembuat film sejenis sebelumnya gagal: Mereka membuat film yang memberikan kedekatan dengan Perang Irak, dan membuat tindakan di sana tampak menakutkan dan heroik. Keduanya memenangkan Academy Awards untuk pekerjaan mereka, dan Bigelow sejauh ini tetap satu-satunya sutradara wanita yang memenangi piala oscar.

Titanic (1997)

7. Titanic (1997)
Gadis kaya dan anak laki-laki miskin, selalu disebut sebagai hubungan cinta yang terkutuk - film ini berjalan di antara klise dan klasik, tetapi semuanya terlihat epik. James Cameron yang memiliki ambisi penuh dan membuat semuanya bekerja, dengan kontribusi penuh dari para kru dibalik layar, ditambah Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet yang menjadi salah satu pasangan romantis ikonik.


6. 12 Years a Slave (2013)
Film yang disutradarai Steve McQueen ini memenuhi kriteria untuk  sebuah karya fantastis: Itu membuat penonton melihat sesuatu dengan cara yang baru. Film ini mengacaukan banyak prasangka tentang perbudakan, kehidupan abad ke-19, dan tentang sifat manusia di film-film sejenis. John Ridley menulis skrip ini dari memoar Solomon Northup, menghasilkan pengalaman yang kuat sesuai fakta.


5. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)
J.R.R. Tolkien membuat kagum seluruh alam semesta dengan trilogi buku-bukunya. Banyak pembuat film mencoba untuk mengadaptasinya namun tiada yang bisa disebut berhasil, hingga Peter Jackson  datang dalam salah satu pertaruhan terbesar dalam sejarah film, dengan membuat tigacerita secara bersamaan. Jackson menciptakan kembali bahasa film dengan teknologi yang baru dan dia membuat banyak narasi selalu jelas dan menarik untuk ditonton.

The Best Years of Our Lives (1946)

4. The Best Years of Our Lives (1946)
Pada tahun 1946, produser Samuel Goldwyn ingin membuat film tentang veteran Perang Dunia II yang menyesuaikan diri dengan kehidupan di rumah, jauh sebelum ada yang tahu istilah PTSD. Kebanyakan orang mengira itu terlalu cepat untuk terkena trauma. Tetapi sutradara William Wyler dan penulis Robert Sherwood (film ini mengadaptasi novel MacKinlay Kantor) berhasil melakukannya. Film ini masih luar bisa untuk debut akting Harold Russell yang luar biasa; dia tetap satu-satunya orang yang memenangkan dua Oscar untuk satu peran.

Casablanca (1942)

3. Casablanca (1942)
Studio-studio besar di tahun 1930-an dan 40-an membuat banyak film yang mudah terlupakan. Tetapi terkadang keajaiban terjadi. Film ini telah menjadi favorit penggemar selama 75 tahun, berkat karya sang produser Hal Wallis, penulis Howard Koch dan saudara Epstein (Julius dan Philip), sutradara Michael Curtiz dan bintang Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman.

Lawrence of Arabia (1962)

2. Lawrence of Arabia (1962)
Ditulis oleh Robert Bolt dan Michael Wilson, dan disutradarai oleh David Lean, ini adalah salah satu film yang paling indah secara fisik yang pernah dibuat. dengan set perang dunia kesatu, yang memadukan politik dunia dengan karakter yang sangat kompleks, sangat nyaman ditonton di rumah. Tetapi untuk pengalaman yang penuh ketakjuban, itu harus dilihat di bioskop.

The Godfather (1972)

1. The Godfather (1972)
Hollywood telah membuat ratusan film gangster, tetapi arahan dan skrip Francis Ford Coppola (dengan novelis Mario Puzo) membawa genre ini ke tingkat yang lebih tinggi. Kisah Corleone, tokoh yang kaya akan detail dan karakter, sangat berhasil dsebut film mafia, drama keluarga dan sebagai metafora untuk bisnis besar.