10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Dalam dua dekade terakhir ini rupanya kemajuan teknologi di dunia arsitektur telah berkembang begitu pesat. Hal ini terbukti dengan bermunculannya gedung dan bangunan pencakar langit yang semakin menakjubkan. Bahkan dalam waktu dekat akan muncul dua buah gedung yang tingginya hampir mencapai satu kilometer yaitu di Jeddah Saudi Arabia dan Dubai Uni Emirat Arab.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Daftar gedung atau bangunan tertinggi di dunia tahun 2018 yang akan disajikan The Top Ten adalah yang sudah resmi dibuka dan digunakan. Jadi gedung-gedung tertinggi yang pembangunannya masih dalam proses, tidak kami sertakan dalam 10 gedung tertinggi di dunia ini.

Inilah 10 gedung tertinggi di dunia 2018 yang sudah resmi digunakan;

1. Burj Khalifa - Uni Emirat Arab - Tinggi: 828 meter 

Gedung tertinggi yang dirancang oleh Owings, Skidmore dan Merrill,  pembangunannya selesai pada tahun 2010. Burj Khalifa memiliki 163 lantai yang terdiri dari tiga puluh ribu tempat tinggal, danau buatan, hotel, perkantoran, dek observasi dan pusat perbelanjaan.
 
10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Hotel-hotel yang ada di Burj Khalifa terkenal karena kemewahannya yang ekstrim, yang membuat kaum berduit dari berbagai penjuru dunia datang untuk mencoba merasakan ke istimewaannya. Bruj Khalifa kini telah menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Dubai baik oleh wisatawan asing maupun domestik.

2. Menara Shanghai - China - Tinggi: 632 meter 

Bangunan tertinggi di dunia yang berada di peringkat ke-2 adalah Shanghai Tower yang memiliki 128 lantai. Selain perkantoran, Menara Shanghai juga memiliki 258 kamar hotel dan lebih dari seribu tempat parkir.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Shanghai Tower yang dirancang oleh Gensler, dibangun selama kurang lebih delapan tahun dan baru diresmikan pada awal tahun 2015. Shanghai Tower yang berlokasi Lujiazui Pudong Shanghai merupakan gedung tertinggi nomor satu di Cina.


3. Makkah Royal Clock Tower - Saudi Arabia- Tinggi: 601 meter 

Bagi kaum muslimin yang pernah melaksanakan ibadah haji dan umroh setelah tahun 2012, setidaknya pernah melihat dari dekat bangunan tertinggi di dunia nomor tiga ini, karena letaknya di kota Makkah yang sangat dekat dengan Masjidil Haram.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Yang menjadi ciri khas dari Makkah Royal Clock Tower yaitu di puncaknya memiliki jam di keempat sisi gedung tersebut. Jam raksasa yang menempel di Makkah Royal Clock Tower mempunyai diameter 40 meter. Desain tampilan jam ini terbuat dari 21.000 lampu warna hijau dan putih, sehingga pada waktu malam jam ini masih bisa dilihat dengan jelas dari jarak sekitar 30 kilometer.

Makkah Royal Clock Tower yang merupakan bagian dari Abraj Al Bait adalah milik pemerintah Arab Saudi yang selesai dibangun pada tahun 2012. Komplek Abraj al Bait ini seluruhnya memiliki 3.000 kamar hotel dan apartemen ditambah 20 lantai pusat perbelanjaan, museum Islam, runag konfersi, observatorium untuk menentukanjatuhnya bulan Rhamadhan dan tempat parkir sanggup menampung 1000 mobil.

Pembangunan komplek Abraj al Bait ini dikerjakan oleh grup Bin Laden, perusahaan konstruksi terbesar di Arab Saudi. Tujuannya antara lain agar Makkah mampu menampung 10 juta jamaah haji dari seluruh dunia, karena saat itu Makkah hanya mampu menampung sekitar 3 juta jamaah saja.

4. Ping An International Finance Centre - China - Tinggi: 599 meter

Gedung tertinggi di dunia nomor empat berada di negara China tepatnya berlokasi Shenzhen provinsi Guangdong. Ping An International Finance Centre yang memiliki 115 lantai diresmikan pada tahun 2015 walaupun pada saat itu pembangunannya masih terus berlangsung.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Bangunan tertinggi ke dua di China ini adalah milik Ping An Insurance yang dirancang oleh firma arsitek Amerika Kohn Pedersen Fox Associates. Penggunaan gedung ini terutama untuk perkantoran bisnis yang disewakan, selain untuk kantor Ping An Insurance itu sendiri.

5. Goldin Finance 117 - China - Tinggi: 597 meter

Goldin Finance 117 yang juga dikenal sebagai Menara China 117, adalah gedung pencakar langit tertinggi ke-5 di dunia yang berlokasi di Tianjin, China. Menara ini memiliki jumlah lantai sebanyak 117 sesuai dengan nama yang disematkan pada Goldin Finance 117.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Gedung yang penggunaannya untuk perkantoran, hotel, tempat tinggal, observatorium dan juga ritel ini memiliki keunikan di bagian atap menara yang memiliki struktur bentuk berlian. Menara ertinggi nomor lima di dunia ini mulai dibangun pada tahun 2008 dan selesai tahun 2018.

6. Lotte World Tower - Korea Selatan - Tinggi: 554,5 meter

Bangunan pencakar langit di dunia berikutnya adalah Lotte World Tower yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Gedung tertinggi di Korea Selatan ini memiliki ketinggian 555 meter dan dibuka untuk umum mulai 11 April 2017. Selain untuk perkantoran dan hotel, Lotte World Tower juga digunakan untuk pengamatan, tempat tinggal dan sewa.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Yang menakjubkan dari Lotte World Tower yaitu gedung ini dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menahan guncangan gempa hingga 9,0 skala richter, selain itu enam dari 123 lantainya berada di bawah permukaan tanah.

7. One World Trade Centre - New York AS - Tinggi: 541 meter

Mungkin di antara anda masih ingat peristiwa 9/11 yang menimpa WTC (World Trade Center) dimana dua gedung kembarnya diluluh-lantahkan serangan teror pada 11 September 2001. Rupanya perlu waktu 13 tahun untuk mewujudkan kembali WTC pengganti di lokasi yang sama Manhattan, New York Amerika Serikat.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Gedung barunya bernama One World Trade Center atau lebih dikenal dengan 1WTC. Gedung yang baru selesai tahun 2014 ini telah menjadi gedung tertinggi di dunia nomor 7 dan One WTC menjadi satu-satunya dari daftar 10 bangunan tertinggi di dunia, di luar Asia.

One WTC memiliki 104 lantai dengan ketinggian standar 541,3 meter yang penggunaannya sebagian besar untuk kantor bisnis, observatorium dan jaringan telekomunikasi.

Mungkin trauma dengan peristiwa 9/11, kini One WTC dibangun dengan lebih kuat dan tahan bahan peledak. Kabarnya semen yang digunakan memiliki 10 kali lebih keras dari semen normal dan baja yang digunakan memiliki kekuatan 5 kali lebih baik dari baja pada umumnya.

8. Guangzhou CTF Finance Center - China - Tinggi: 530 meter

Bangunan tertinggi di dunia nomor delapan yaitu gedung pencakar langit CTF Finance Center milik Chow Tai Fook sehingga banyak orang menyebutnya sebagai gedung Chow Tai Fook Center. Gedung ini terletak di Guangzhou, Cina. Gedung yang selesai dibangun pada Oktober 2016 memiliki 111 lantai dengan total ketinggian 530 meter atau 1739 kaki. CTF Finance Center menjadi bangunan tertinggi nomor empat di China.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

CTF Finance Center ini telah dibuat untuk berbagai kegunaan dan menjadi empat transisi, yaitu, kantor ke perumahan, perumahan ke hotel, hotel untuk mahkota, dan mahkota ke langit. Terdapat 16 lantai di tingkat paling atas yang digunakan untuk hotel. Untuk mobilitas yang cepat di gedung pencakar langit ini disediakan lift yang memiliki kecepatan 44 mil per jam, dengan demikian lift di CTF Finance Center tercatat sebagai lift tercepat di dunia.



9. Taipei 101 - Taiwan - Tinggi: 530 meter

Taipei 101 yang memiliki nama resmi Gedung Finansial Internasional Taipei adalah gedung pencakar langit tertinggi nomor 9 di dunia. Sebelumnya gedung dengan 101 tingkat yang berlokasi di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan ini sempat menduduki gedung tertinggi nomor dua di dunia. Perkembangan gedung pencakar langit yang sangat pesat belakangan ini rupanya telah membuat Taipei 101 melorot ke urutan 9 saat ini (5 November 2018). 

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Gedung Taipei 101 ini memiliki keunggulan dalam jaringan internet fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 Gbps. Keunggulan lainnya berada pada fasilitas dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63 km/jam atau 39 mil/jam) dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik. 

Gedung pencakar langit yang dibuka pada 31 Desember 2004, di tengah perayaan Tahun Baru, memiliki pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88, yang fungsinya untuk menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin.


10. Tianjin CTF Finance Center - China - Tinggi: 530 meter

Nama lain dari gedung pencakar langit tertinggi ke sepuluh ini adalah Tianjin Chow Tai Fook Binhai Center. Gedung yang dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill LLP ini memiliki 97 lantai plus 4 lantai di bawah tanah. Pembangunannya dimulai tahun 2013 dan selesai pada tahun 2018 yang terletak di Kawasan Pengembangan Ekonomi Tianjin, China.

10 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Bangunan yang umumnya dirancang sebagai kulit kaca yang melengkung lembut ini mengintegrasikan delapan megacolumns miring yang mengikuti garis liris yang menghubungkan pusat dan sudut dari keempat elevasi. Megacolumns yang melengkung ini meningkatkan respons struktur terhadap masalah seismik dan merupakan bagian integral dari gravitasi dan sistem lateral. Mereka efektif dalam meningkatkan kekakuan bingkai perimeter bangunan, sehingga menarik bagian yang lebih besar dari kekuatan seismik sesuai dengan persyaratan kode Cina.

Asia Raja untuk Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Dari daftar 10 gedung tertinggi di dunia, 9 di antaranya terletak di benua Asia. Padahal dua puluh tahun sebelumnya, sebagian besar bangunan tertinggi terletak di luar Asia, yaitu di Eropa dan Amerika Utara. Namun hari ini, Asia mampu membuktikannya dengan fakta yang nyata, bahwa Asia, bisa.

Pada saat ini sedang dibangun maha karya gedung pencakar langit yang akan menjadi gedung tertinggi nomor satu di dunia, yaitu The Jeddah Towers di Arab Saudi yang memiliki ketinggian mencapai 1 kilometer lebih atau tepatnya 1008 meter. Gedung yang akan menjadi nomor 1 tertinggi di dunia ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2019.

Demikian info yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Jika ada saran perbaikan atau pertanyaan, silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati kami akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog THE TOP TEN di www.10thetop.com