10 Negara Terkorup di Dunia 2019

Menurut Undang-Undang No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang termasuk dalam tindak pidana korupsi adalah: Setiap orang yang dikategorikan melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan maupun kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Daftar 10 Negara Terkorup di Dunia 2019


Korupsi yang terjadi dalam pemerintahan suatu negara dapat merusak kredibilitas, soliditas masyarakat terhadap lembaga-lembaga negara, dan hal ini cenderung menyebabkan kerusuhan yang dipicu oleh rasa ketidak-adilan dari rakyat terhadap pemerintah yang berkuasa. 

Rakyat pasti tidak suka para pejabat dengan sesuka hati mencuri dan merampas apa yang menjadi hak mereka melalui kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN). 

Di negara mana pun di dunia fenomena korupsi selalu ada termasuk di Indonesia tentunya. Dan semua pasti sepakat kalau korupsi tidak mungkin diberantas tuntas dalam sebuah negara. Yang mungkin adalah memperkecil intensitas tingkat terjadinya tindakan korupsi.

Jadi sehebat apa pun KPK dan presiden Indonesia mustahil korupsi dapat diberantas tuntas sampai ke akar-akarnya. Walau mungkin menurut penilaian anda saat ini Indonesia memiliki tingkat korupsi yang tinggi, namun bersyukurlah karena Indonesia tidak masuk dalam Daftar 10 Negera Terkorup di Dunia. 

Di bawah ini adalah 10 Negara Paling Korup di Dunia, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Corruptions Perceptions Index (CPI) for 2018, yang disusun oleh Transparency International, sebuah LSM terkenal yang memerangi korupsi global.

1. Somalia
2. Sudan Selatan
3. Suriah
4. Afghanistan
5. Yaman
6. Sudan
7. Libya
8. Korea Utara
9. Guinea-Bissau
10. Guinea Ekuatorial

10 Negara Terkorup di Dunia 2019
Somalia sebagai Negara terkorup di Dunia, yang pernah dilanda kelaparan

Secara lengkap CPI telah menempatkan  Daftar 180 Negara Terkorup di Dunia, dengan urutan mulai dari negara paling tinggi intensitas korupsinya hingga negara paling rendah. Peringkat pertama dipegang Somalia secara berturut-turut selama 10 tahun dan peringkat terendah berada di negara Selandia Baru.

Naaaah... Kira-kira Indonesia berada di peringkat berapa ya?


Demikian Info Terpopuler tentang 10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2018, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah mampir ke 10 INFO TERPOPULER di www.10thetop.com