10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Pada awal tahun 2000-an di Indonesia muncul istilah 'Ponsel Sejuta Umat' yang ditujukan pada ponsel merek Nokia yang pada masa itu merupakan merk ponsel terlaris di Indonesia maupun di dunia. Dan kenyataannya memang Nokia Corporation yang bermarkas di Espoo Finlandia itu begitu dominan menguasai pangsa pasar ponsel Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya.

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Namun, roda zaman terus bergulir, begitu pula dengan eksistensi perusahaan-perusahaan ponsel raksasa sekelas Nokia, IBM, Motorola dan lain sebagainya. Yang dulu mereka berada di puncak kejayaan sebagai merek ponsel terlaris di dunia, kini mereka harus rela berada di luar sepuluh besar perusahaan ponsel terbesar dunia di tahun 2018.

Dari sepuluh merk ponsel terlaris di dunia tahun 2018 ternyata ponsel-ponsel merk China berada pada masa yang sangat mengagumkan. Berdasarkan layanan Mobile Market Monitor Conterpoint, merek-merek China kini memegang pangsa pasar ponsel sebesar 48% di seluruh dunia. Ini berarti hampir setengah pengguna smartphone di dunia mereka membeli merek seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, ZTE, Huawei dan merk China lainnya.

Pada saat ini dunia perponselan, Samsung dan Apple masih tetap bertahan sebagai memegang merk  smartphone terlaris di dunia, namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi 10 atau 20 tahun mendatang. Apakah Samsung dan Apple akan kuat bertengger di posisi mereka seperti sekarang ini, atau malah sebaliknya.

Inilah Urutan 10 merek Smartphone terlaris di dunia di tahun 2018

1. Samsung

Samsung Telecommunication Business adalah salah satu dari lima unit divisi bisnis perusahaan Samsung. Unit ini terdiri dari divisi telepon genggam, sistem telekomunikasi, komputer dan bisnis MP3. Produksi telepon genggam GSM pertama adalah SGH-200. Samsung pernah mendapat penghargaan sebagai The best manufacturer sebanyak dua kali yang sebelumnya pernah diraih oleh Nokia dan Sony Ericsson.

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Samsung menduduki ranking pertama sebagai smartphone terlaris berdasarkan volume penjualan yang mencapai 22% di kuartal ke dua tahun 2017 dengan pertumbuhan marjinal sebesar 4% per tahun selama kuartal tersebut. 

Pendapatan Samsung Telecommunication Business pada tahun 2017 mencapai 21 Milyar USD dengan laba bersih mencapai 2,3 Milyar USD

2. Apple

Apple Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, dan layanan online. Gadget diproduksi Apple Inc. meliputi smartphone iPhone, komputer tablet iPad, komputer pribadi Mac, pemutar media portabel iPod, jam pintar Apple Watch, pemutar media digital Apple TV, dan pengeras suara pintar HomePod.

10 Merek Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Berdasarkan info dari Counterpoint Research, Apple Inc. memegang 11,2% pangsa pasar secara global. Pada kuatal ke dua tahun 2016 Apple mengalami sedikit pelemahan, namun pada awal kuartal kedua tahun 2017 kembali mengalami pertumbuhan yang sehat dalam penjualan iPhone dan iPad. 

Pada tahun 2017 pendapatan Apple Inc. mencapai US$229.234 miliar dan laba bersihnya mencapai  US$48.351 miliar

3. Huawei

Huawei Technologies Co. Ltd. yang bermarkas di Shenzhen berada di urutan ke-3 dalam smartphone terlaris  merk China Huawei. Perusahaan mengirim catatan pengiriman kuartal ke dua tahun 2017 sebanyak 38,4 juta unit, naik 20% setiap tahun. perkembangan pasar yang baik telah memainkan peran kunci dalam pertumbuhan perusahaan secara global.

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Huawei di negeri asalnya sendiri, pada kuartal ke dua masih mempertahankan posisi teratasnya, di depan saingannya Oppo dan Vivo. Pada 2010, Huawei mencatat laba 23.8 billion Yuan China (3.7 billion dollar). Produk dan servis perusahaan ini menjangkau lebih dari 140 negara dan saat ini 45 dari 50 perusahaan operator telekomunikasi terbesar dunia. 

4. Oppo

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Merek ke empat terbesar secara global adalah Oppo. OPPO Electronics Corp adalah produsen elektronik yang berbasis di Dongguan, Guangdong, China. Perusahaan ini memegang 8,4% pangsa pasar secara global selama kuartal ini. Merek ini melaporkan pertumbuhan yang mengesankan di India yang merupakan pasar terkuatnya di luar China.

5. Vivo

Vivo adalah sebuah perusahaan elektronika yang berasal dari daerah yang sama dengan Oppo yaitu Dongguan, Guangdong, China. Perusahaan ini adalah anak dari BBK Electronics. Dikomandoi oleh Shen Wei, perusahaan ini memproduksi ponsel pintar, perangkat sandang, dan layanan berbasis digital.

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Vivo adalah merek ponsel terlaris kelima secara global, memegang 6,6% pangsa pasar. Sama seperti Oppo, perusahaan juga telah melihat pertumbuhan yang kuat di pasar India.

6. Xiaomi

Xiaomi Inc. yang didirikan pada tahun 2010, muncul sebagai merek smartphone yang mengalami perkembangan paling cepat yaitu sebesar 60%. Angka ini mengalahkan perkembangan rival senegaranya yaitu Vivo yang mengalami perkembangan 45% dan Oppo 33%. Xiaomi mengirim 23,2 juta ponsel pintar ke seluruh penjuru dunia dan mampu merebut pangsa pasar 6,6% dari pangsa pasar smartphone global pada kuartal ke-2 tahun 2017.

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Produksi terbaru seperti Mi 6 dan Mi7 serta model low-tier seperti Redmi Note 4X telah memainkan peran yang kuat dalam meningkatkan kesuksesan Xiaomi. Perusahaan juga fokus pada diversifikasi saluran distribusi campuran di Cina dan India, dua pasar terbesarnya.

7. LG

LG Electronics adalah perusahaan multinasional dari Korea Selatan. Perusahaan yang berkantor pusat di LG Twin Towers di Yoido, Seoul, selain memproduksi televisi dan peralatan rumah tangga juga mengeluarkan perangkat telekomunikasi yang salah satunya adalah smartphone. 

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Pada tahun 2017 di kuartal ke dua, LG tercatat telah melakukan pengiriman smartphone sebanyak 13,3 juta di di Asia dan Eropa. Pengiriman ini menurun 4% setiap tahun selama kuartal tersebut. Pengirimannya di Amerika Utara juga menurun secara berurutan karena penjualan smartphone andalan G6 yang lebih rendah dari perkiraan.

8. ZTE

ZTE atau Zhong Xing Telecommunication Equipment Company Limited adalah perusahaan pemasok global bagi perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi (GSM, CDMA, CDMA2000, W-CDMA, TD-SCDMA, FDD-LTE, TDD-LTE,IMS, NGN, PSTN, SDH, ADSL, IPTV, Value Added Services) yang bermarkas di Shenzen, Republik Rakyat Tiongkok. 

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

ZTE didirikan pada tahun 1985 dan sahamnya diperdagangkan secara umum di Bursa Efek Hongkong dan Shenzen. ZTE adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di China. Dan pada kuartal ke dua ZTE meraih 3,3% pangsa pasar.


9. Lenovo 

Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Lenovo juga menjual server, komputer genggam dan telepon genggam. 

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Lenovo terus menghadapi persaingan ketat di pasar seperti India. Lenovo telah berhasil mempertahankan pangsa pasar global sebesar 3,2% selama kuartal ke dua tahun 2017.

10. Alcatel

Alcatel Mobile Phones adalah merek untuk unit telepon seluler mereka yang didirikan pada tahun 2004, merupakan hasil kerja sama antara Alcatel-Lucent yang berbasis di Perancis dengan nilai saham 45%, serta perusahaan dari Tiongkok, TCL Communication sebesar 55%. Setahun berikutnya, TCL mengakuisisi Alcatel secara penuh.

10 Merk Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2018

Alcatel mengalami penurunan pangsa pasarnya pada kuartal kedua tahun sebelumnya. Perusahaan ini hanya mampu merebut 1,3% pangsa pasar secara global pada kuartal ke dua tahun 2017 dan mengalami penurunan jika dibandingkan pada kuartal yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 2,1%.

Demikian informasi Daftar 10 merek ponsel terlaris Tahun 2018 versi Mobile Market Monitor. Jika anda menemukan daftar yang sama namun berbeda, itu suatu hal yang wajar, karena setiap lembaga dalam menyusun daftar merek ponsel terlaris seperti ini memiliki cara pengumpulan data yang berbeda.

Terimakasih sudah mampir ke blog 10 Terpopuler www.10thetop.com