10 Orang Terkaya di Indonesia tahun 2018 versi Forbes

10 TERPOPULER - Jika anda telah mengetahui orang terkaya sedunia, alangkah bijak juga jika anda mengetahui 10 orang terkaya di Indonesia. Dari 10 orang paling kaya di Indonesia ini tidak ada seorang pun yang masuk dalam Daftar 50 orang terkaya di dunia, namun walau tidak masuk 50 besar dunia setidaknya ada dua orang terkaya Indonesia yang masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Mereka adalah dua bersaudara Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono.

Daftar 10 Orang terkaya di Indonesia

Berikut adalah daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia berikut bidang usaha yang digelutinya versi majalah Forbes:

Ranking 1 Indonesia #69 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia

Robert Budi Hartono


Robert Budi Hartono ($ 17,4 milyar atau sekitar 242,4 triliun rupiah)

Kalau di-rupiahkan kekayaan R. Budi Hartono mencapai sekitar 242,4 triliun rupiah. Dia menduduki ranking 69 dalam daftar orang terkaya di dunia.

Ranking 2 Indonesia #75 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia

Michael Budi Hartono


Michael Budi Hartono ($ 16,7 milyar atau 332,6 triliun rupiah)

Dalam mata uang Indonesia kekayaan Michael Hartono kurang lebih mencapai 332,6 Triliun Rupiah. Dalam daftar orang terkaya sedunia Michael Hartono berada di urutan 75.

Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono merupakan dua bersaudara pemilik pabrik rokok terkenal asal Kudus yaitu PT Djarum. Di samping itu mereka juga merupakan pemegang saham terbesar dari Bank BCA dan juga memiliki bidang usaha yang bergerak di bidang kelapa sawit, properti serta elektronik.

Bertahun-tahun mereka berdua menempati ranking satu dan dua dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah forbes. Jika digabungkan kekayaan dua bersaudara tersebut bisa mencapai  $ 34,1 milyar atau sekitar 475 triliun rupiah.

Ranking 3 Indonesia #228 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia

Sri Prakash Lohia


Sri Prakash Lohia ($ 7,0 miliar atau sekitar 97,5 triliun rupiah)


Sri Prakash Lohia yang tercatat sebagai orang terkaya ke-3 di Indonesia dan ke-228 di dunia adalah pengusaha asal Indonesia yang disebut sebagai Raja Poliester Indonesia. Usahanya sudah menyebar ke berbagai negara di dunia di bidang petrokimia yang memproduksi poliester. Ia merupakan pengusaha keturunan India yang kemudian menjadi WNI.

Perusahaan Sri Prakash Lohia dikenal sebagai perusahaan pemasok poliester terbesar di dunia. Tak heran jika ia biasa menduduko posisi tiga dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Selain Poliester ia juga memiliki usaha tekstil di Indonesia dengan pendapatan pertahunnya yang cukup tinggi.

Ranking 4 Indonesia #652 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia

Dato Sri Tahir


Dato Sri Tahir ($ 3.5 miliar atau sekitar 48,8 triliun rupiah)

Dato Sri Tahir atau lebih dikenal dengan sebutan Tahir saja. Ia merupakan pemilik dari Mayapada Group yang dikenal sebagai seorang filantropis yaitu sosok pengusaha yang dermawan yang memiliki rasa sosial dan kemasyarakatan yang tinggi.

Ia mendirikan rumah sakit RS Mayapada yang memberikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu dan juga telah menyumbangkan $ 75 juta atau sekitar 1 triliun lebih kekayaannya untuk kesehatan.

Tahir merupakan salah satu pengusaha yang bisnisnya bergerak di banyak sektor seperti otomotif, perbankan, properti serta bisnis media. Dalam daftar orang terkaya dunia Tahir berada di ranking 652.

Ranking 5 Indonesia #652 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia

Chairul Tanjung


Chairul Tanjung (USD 3.5 miliar atau sekitar 48,8 triliun rupiah)

Bidang usaha Chairul Tanjung bergerak di banyak sektor dan puluhan anak usaha yang dimilikinya. Yang paling dikenal, ia merupakan pemilik dari Trans Corp yang memiliki anak usaha Trans TV, Trans Studio dan Trans Mall.

Selain itu ia juga pemilik Bank Mega yang merupakan tulang punggung usaha dari CT Corp. Chairul Tanjung juga memiliki saham terbesar di Carrefour Indonesia. Tak heran ia dikenal sebagai saah satu pengusaha sukses di Indonesia. Ia bahkan pernah menjadi menteri Ekonomi di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Chairul Tanjung terjun ke dunia bisnis ketika kuliah di Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia. Ia merupakan pemilik perusahaan konglomerat CT Group yang dulu dikenal dengan nama Para Group. 

Ranking 6 Indonesia #791 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia 2018

Mochtar Riady


Mochtar Riady ($ 3,2 miliar atau sekitar 44,7 triliun rupiah)

Sosok Mochtar Riady yang dikenal luas sebagai seorang bankir yang sangat handal. Julukannya sebagai ‘The Magic Hand‘. Di tangannya bank yang kondisinya hampir bangkrut ia bisa ubah menjadi bank dengan keuangan yang sehat. Seperti yang ia pernah lakukan pada Bank BCA serta Bank Perniagaan.

Bisnisnya dijalankan melalui Lippo Group yang memiliki banyak anak usaha dan bergerak di berbagai sektor seperti keuangan, ritel, media, kesehatan, properti, elektronik serta telekomunikasi. Ayah dari James Riady ini dikenal memiliki koneksi yang luas dengan banyak pengusaha serta politisi. 

Ranking 7 Indonesia #822 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia 2018

Prayogo Pangestu


Prayogo Pangestu ($ 3,15 miliar atau sekitar 44 triliun rupiah)

Pria kelahiran Kebumen tahun 1944 ini adalah seorang pengusaha Indonesia. Taipan Per-kayu-an terbesar di Indonesia sebelum Krisis Ekonomi 1997. Bisnisnya berawal di akhir 70-an di Djajanti Timber Group dan membentuk Barito Pacific. Operasi pemotongan kayu nya sekarang jauh lebih kecil dari sebelumnya, tetapi kekayaannya masih tertimbun di PT Tri Polyta Indonesia Tbk, produsen 'polypropylene' terbesar di Indonesia. 

Prajogo termasuk salah satu konglomerat ternama yang dimiliki Indonesia. Bisnisnnya dengan bendera Barito Group berkembang luas di bidang  petrokimia, minyak sawit mentah, properti, perkayuan. Kini Barito Group dipegang generasi anaknya, Agus Salim Pangestu. 

Prayogo Pangestu merupakan:
  • Pendiri Pabrik Chandra Asri di Cilegon, Banten, 1990
  • Pendiri Bank Andromeda, 1990
  • Presiden PT Chandra Asri, 1990-1999
  • Presiden Komisaris PT Tripolyta Indonesia Tbk
  • Pendiri PT Barito Pacific Lumber, 1977


Ranking 8 Indonesia #1215 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia 2018

Murdaya Poo


Murdaya Poo ($ 3,05 miliar atau sekitar 42,6 triliun rupiah)

Murdaya Poo lahir di Blitar pada tanggal 12 Januari 1946. Usaha pertamanya bergerak dalam bidang kelistrikan yaitu perusahaan Kencana Sakti Indonesia. Selanjutnya beliau melakukan kesepakatan kerja bersama perusahaan alat olahraga besar di dunia yaitu Nike. Bersama dengan Nike, Siti Hartati Murdaya membuat PT. Hardaya Abeja Shoes Industry.

Perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memproduksi sepatu Nike di Indonesia. Kemudian berlanjutlah perjalanan bisnisnya bersama Nike dengan membangun PT. Nagasakti Paramashoes Indonesia yang sama-sama bergerak di bidang sepatu.

Masih bersinggungan dengan Nike, Siti Hartati mendirikan Berca SportIndo untuk bergerak sebagai distributor barang-barang Nike yang diproduksi. Kemudian dengan berlanjutnya waktu, istri Murdaya Poo ini membuka merk sendiri dengan nama League.

Ranking 9 Indonesia #1284 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia tahun 2018

Peter Sondakh


Peter Sondakh  ($ 3,0 miliar atau sekitar 41,8 triliun rupiah)

Peter adalah pemilik perusahaan Rajawali bentoel Group. Pada tahun 2008 ia terpilih sebagai orang terkaya ke-6 di Indonesia. Hal ini karena perusahaan kelapa sawit di bawah naungan saham Rajawali Group naik cukup fantastis. 

Peter juga merupakan salah satu penggemar dari sepak bola. Karena kecintaannya pada sepakbola, maka Bentoel Group juga mendanai kegiatan AREMA. Bosowa Semen Perusahaan juga mensponsori beberapa klub sepak bola seperti Roma dan PSM. 

Selain sejumlah besar perusahaan di negara tersebut, Peter juga memiliki sejumlah aset dari perusahaan luar negeri. Perusahaan yang dimilik Peter mencakup dalam dan luar negeri sangatlah banyak. 

Ranking 10 Indonesia #1394 Dunia

Daftar 10 Orang terkaya Indonesia 2018

Theodore Rachmat


Theodore Rachmat ($ 1,7 milyar atau kira-kira 23,8 triliun rupiah)

Theodore Permadi Rachmat (Oei Giok Eng) lahir di Kadipaten, Majalengka, 15 Desember 1943 adalah seorang pengusaha yang berasal dari Indonesia. Awalnya ia dikenal dengan kiprahnya sebagai pimpinan Grup Astra, perusahaan yang didirikan oleh pamannya William Soeryadjaya. 

Ia memulai kariernya sebagai sales Astra pada tahun 1968, setelah dia lulus, ia masuk sebagai karyawan ke-15. Pada tahun 1972, dia dipecaya untuk memulai pekerjaannya mengelola United Tractors (anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang alat berat) hingga tahun 2005.

Selepas dari Astra, ia mendirikan perusahaan sendiri yaitu Triputra Group yang bergerak di beberapa bidang seperti karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealership motor dan logistik pada Oktober 1998. Selain itu bersama Edwin Soeryadjaya, saudara sepupunya, ia turut terlibat membesarkan perusahaan tambang batu bara di Kalimantan, PT Adaro Energy.

Pada 2014, majalah Forbes AS menempatkan Theodore Permadi Rachmat dalam daftar orang terkaya di Indonesia urutan ke-14

Itulah daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes pada tahun 2018. Data kekayaan diambil dari majalah Forbes pada bulan Maret 2018 dan Wikipedia Indonesia.

Baca juga Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2018 versi Majalah Forbes Amerika Serikat.

Daftar nama-nama di atas bisa saja berubah suatu saat karena nilai fluktuasi mata uang serta naik turunnya nilai saham dari perusahaan yang mereka miliki. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir ke blog 10thetop.com