10 Manusia Tertinggi di Dunia Sepanjang Masa

10 TERPOPULER - Berapa tinggi anda sekarang? Jika tinggi badan anda mencapai 2,73 meter atau lebih, bersiaplah untuk menjadi orang terkenal di dunia, karena anda akan memecahkan rekor dunia untuk manusia tertinggi di dunia yang pernah ada. Jika tinggi badan anda normal-normal saja bersyukurlah karena itulah yang terbaik yang diberikan Maha Pencipta untuk kita.

Dalam sepanjang sejarah kehidupan, banyak manusia terutama pria yang memiliki tinggi badan di atas 2 meter, namun manusia yang memiliki tinggi badan di atas 2,5 meter di dunia ini dapat dihitung dengan jari. Siapa saja yang pernah tercatat sebagai manusia tertinggi di dunia?

Inilah 10 manusia yang bertubuh jangkung berdasarkan catatan yang ada di GWR (Guinness World Recors)

10. Brahim Takioullah - Tinggi Badan: 2 m 46 cm

Brahim Takioullah adalah seorang pria kebangsaan Maroko yang lahir pada 26 Januari 1982 di Guelmim Maroko. Brahim Takioullah adalah orang tertinggi di dunia nomor ke dua yang masih hidup hingga saat ini (2018). Pria yang memiliki panjang telapak kaki 38,1 cm ini juga memegang Guinness World Record sebagai pemilik "Big Foot" alias kaki terbesar di dunia pada orang yang masih hidup.
DAFTAR Manusia Tertinggi di Dunia
Brahim Takioullah bersama Arsene Wenger


Berdasarkan pemeriksaan medis ukuran tubuh Brahim Takioullah yang tidak normal karena tumor yang mempengaruhi kelenjar pituitanya. Tumor ini telah meningkatkan kadar hormon pertumbuhan yang sangat tinggi pada sistem organ tubuh Takioullah, dan efeknya dapat dilihat oleh semua orang, Brahim Takioullah menjadi raksasa Maroko.

Anda dapat melihat bagaimana kehidupan Brahim Takioullah melalui akun Instagram-nya @Brahim_Takioullah. Dan ternyata dibalik ketenarannya terdapat segudang masalah yang dihadapi orang tertinggi di dunia seperti Brahim Takioullah.

9. Don Koehler - Tinggi Badan: 2 m 49 cm

Manusia tertinggi ke-9 di dunia adalah Don Koehler dengan tinggi badan hampir 2,5 meter. Pria yang bernama lengkap Donald A. Koehler lahir pada 1 September 1925 di Denton, Montana, Amerika Serikat. Dia terkenal sebagai manusia tertinggi di dunia, setidaknya pada tahun 1969 sampai meninggalnya pada 26 Februari 1981.

10 Manusia Tertinggi di Dunia
Don Koehler

Don Koehler sebetulnya memiliki saudara kembar, namun kakak kembarnya tersebut hanya memiliki tinggi badan 180 cm tidak seperti Don Koehler yang mengalami pertumbuhan tinggi badan yang sangat pesat ketika masuk usia 10 tahun. Don Koehler meninggal pada usia 55 tahun akibat kondisi jantungnya. 

8. Vikas Uppal - Tinggi Badan: 2 m 51 cm

Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan pendek orang tertinggi di India Vikas Uppal. Lahir di distrik Rohtak di Haryana, India pada 1 Januari 1986, ia tidak pernah secara resmi diukur oleh Guinness World Records.

Daftar Manusia Tertinggi di Dunia
Vikas Uppal bersama ibunya

Menurut surat kabar India The Tribune, Tinggi badan Uppal adalah 8ft 3in atau sekitar 251 cm dan masih tumbuh ketika dia diukur pada akhir remaja. Situs berita dan hiburan India Rediff.com juga mengklaim telah mengukur Uppal, pada tahun 2005, dan melaporkan bahwa ia 8ft 10in - yang akan membuatnya menjadi orang tertinggi kedua dalam sejarah manusia. Laporan lain mengklaim bahwa dia 8ft 9in, tetapi tingginya yang diterima secara umum adalah 8ft 3in.

Terlepas dari perdebatan semacam itu, tragisnya, Uppal meninggal di meja operasi pada 30 Juni 2007, ketika para dokter mencoba tidak berhasil mengeluarkan tumor dari otaknya.

7. Bernard Coyne - Tinggi Badan: 2 m 49 cm

Manusia tertinggi di dunia nomor tujuh yaitu Bernard A. Coyne yang lahir di Anthon, Iowa, Amerika Serikat pada tanggal 27 Juli 1897. Ketika diukur pada saat meninggal Bernard A. Coyne memiliki tinggi badan 8 kaki 2 inci atau 249,94 cm, namun menurut beberap sumber lain, beberapa bulan sebelum meninggal tingginya mencapai 8 kaki 4 inci atau sekitar 256 cm.

Manusia Tertinggi di Dunia
Bernard Coyne

Pada saat meninggal tahun 1921 Coyne menderita Gigantisme Infantil Eunuchoidal, yang merupakan kondisi yang sangat langka yang biasa disebut sebagai sindrom papa-panjang. Penyebab resmi kematian Coyne adalah pengerasan hati dan demam kelenjar. Dia dimakamkan di kampung halamannya dalam peti mati yang dibuat khusus, karena ukuran tubuhnya yang jangkung.

6. Sultan Kösen - Tinggi Badan: 2 m 51 cm

Seperti pada kebanyakan manusia tertinggi di dunia, sampai dengan usia 10 tahun Sultan Kosen tumbuh normal, namun begitu menginjak usia 11 tahun Kosen mengalami pertumbuhan tinggi badan yang sangat pesat. Pertumbuhan tinggi badan yang pesat tersebut akibat terkena penyakit tumor di kelenjar bawah otaknya yang memengaruhi kelenjar pituitari yang dikaitkan dengan akromegali.

Manusia Tertinggi di Dunia
Sultan Kosen

Sultan Kösen lahir di Mardin, Turki, 10 Desember 1982, tercatat dalam Guinness World Record sebagai manusia tertinggi di dunia yang masih hidup dengan tinggi badan mencapai 251 cm. Sultan Kösen tidak dapat menyelesaikan sekolahnya selain karena penyakit yang dideritanya juga terutama karena ukuran tubuhnya yang raksasa, sehingga banyak menyulitkan ketika dia harus belajar di sekolah umum orang-orang normal.

5. Edouard Beaupré - Tinggi Badan: 2 m 51 cm


Orang tertinggi di dunia yang menduduki posisi ke lima adalah Édouard Beaupré yang memiliki tinggi badan 251,4 cm. Pria yang memiliki nama lengkap Joseph Édouard Beaupré Piché lahir pada tanggal 9 Januari 1881 di Willow Bunch, Kanada dari pasangan Gaspard Beaupré and Florestine Pich.

Manusia Tertinggi di Dunia
Edouard Beaupre

Beaupré kecil memiliki impian menjadi seorang koboi, tetapi dia mungkin telah berubah pikiran ketika pada usia 17 tahun setelah menemukan bahwa dirinya memiliki kekuatan yang luar biasa. Pada saat usia 17 tahun orang tertinggi nomor lima di dunia ini dapat mengangkat kuda yang berbobot 800 pon atau sekitar 363 kg.

Dengan berbekal kekuatan yang dimilikinya tersebut, ketika berusia 21 tahun, Beaupré bergabung dengan Barnum dan Bailey's Circus dan berperan sebagai seorang raksasa yang Super Power. Daam atraksinya dalam pertunjukan sirkus tersebut Édouard Beaupré pernah mengangkat beban seberat 900 pon atau sekitar 408,23 kg.

Menjelang akhir hayatnya, Beaupré menderita tuberkulosis dan merasa lemah dan pusing setelah mengeluarkan kekuatannya. Sekitar pukul 1:00 pagi pada 3 Juli 1904, merasa lelah, dia minum secangkir teh dan mulai batuk darah. Dia dilarikan ke rumah sakit tetapi meninggal di malam yang sama. Menurut diagnosa dokter Édouard Beaupré menderita tumor kelenjar pituitari.

4. Väinö Myllyrinne - Tinggi Badan: 2 m 51 cm

Pria terjangkung nomor empat di dunia dipegang oleh Väinö Myllyrinne yang tinggi badanya mencapai 8 kaki 3 inci atau sekitar 251 cm. Väinö Myllyrinne lahir pada tanggal 27 Februari 1909 dan meninggal pada tanggal 13 April 1963. Ia adalah seorang raksasa acromegalic yang pada kurun waktu 1940-1963 menjadi orang yang hidup tertinggi di dunia.

Manusia Tertinggi di Dunia

Pada usia 21 tahun Väinö Myllyrinne telah memiliki tinggi badan 224 cm dengan berat badan 141 kg. Tidak seperti umumnya manusia yang akan berhenti pertumbuhan tinggi badan pada usia 24 tahun, Väinö Myllyrinne terus bertambah tinggi walaupun usianya telah melebihi 30 tahun.

Pada saat masuk dan bertugas sebagai prajurit Angkatan Darat Finlandia selama Perang Musim Dingin pada tahun 1946, tinggi badannya tercatat 251,4 yang membuatnya menjadi prajurit tertinggi Finlandia sepanjang masa.

3. John F. Carroll - Tinggi Badan: 2 m 63 cm

Lahir pada tahun 1932 di Buffalo, New York, John Carroll disebut sebagai "Raksasa Kerbau" dalam jurnal medis. Ketika dia berusia 16 tahun, pertumbuhan Carroll begitu signifikan dan itu tidak berhenti sampai akhirnya meninggal pada tahun 1969. Pada satu titik kurun waktu tertentu, dia dilaporkan tumbuh 7 inci atau sekitar 21,37 cm dalam satu bulan.

Manusia Tertinggi di Dunia

Carroll menderita gigantisme acromegalic dan sangat menderita selama hidupnya yang singkat, terutama ketika sampai ke tulang belakangnya. Ia memiliki kasus kelengkungan tulang belakang dua dimensi yang buruk, juga dikenal sebagai kyphoscoliosis. Faktanya, kelengkungan tulang belakang Carroll sangat parah sehingga sangat sulit ketika melakukan pengukurn tinggi badannya secara akurat.

Pada tahun 1968, sebelum kematiannya, Carroll diukur pada angka 8 kaki 7,75 inci atau sekitar 263,5 cm. Namun, pada tahap ini, kelengkungan tulang belakangnya sangat ekstrim sehingga diperkirakan tinggi badannya yang tepat bisa jadi mendekati 9 kaki.

2. John Rogan - Tinggi Badan: 2 m 67 cm

Manusia tertinggi di dunia nomor dua disandang oleh John William Bud Rogan atau lebih dikena dengan nama John Rogan. Pria tertinggi nomor dua ini lahir pada 16 Februari 1868, di Hendersonville, Tennessee, Amerika. dan  meninggal pada 12 September 1905, di Gallatin, Tennessee, Amerika.

Manusia Tertinggi di Dunia

Sama seperti manusia tertinggi di dunia lainnya, Rogan mengalami percepatan pertumbuhan tiba-tiba pada usia 13 dan memperoleh tinggi badan dengan sangat cepat. Karena tinggi badan Rogan yang ekstrim menyebabkan dia menderita ankilosis berat, suatu kondisi yang membuat sendi kaku karena peradangan. Ini membuatnya sangat sulit baginya untuk meletakkan berat badannya di kakinya.

Awalnya, dia bisa berjalan dengan bantuan kruk (tongkat penyangga untuk berjalan), tetapi pada 1882 Rogan tidak bisa berdiri atau berjalan sama sekali. Dia selalu menjadi pusat perhatian, karena sering ditarik-tarik di keranjang kambing yang dia rancang sendiri.

1. Robert Wadlow - Tinggi Badan: 2 m 72 cm

Record orang tertinggi di dunia sepanjang sejarah peradaban manusia dipegang oleh Robert Pershing Wadlow yang memiliki tinggi badan mencapai 272 cm. Pria terjangkung sedunia ini lahir pada tanggal 22 Februari, 1918 di Alton, Illinois dan meninggal pada 15 Juli 1940 di Manistee, Michigan Amerika Serikat.

Manusia Tertinggi di Dunia
Robert Wadlow Pemegang Record Manusia Tertinggi di Dunia

Bukan saja tingginya yang fantastik, namun berat badan Raksasa Alton (Alton kota kelahirannya) juga mencapai 220 kg pada saat ia meninggal. Tubuhnya yang besar dan terus bertumbuh tinggi saat dewasa disebabkan oleh hipertropi di hipofisis yang berakibat tidak normalnya jumlah hormon pertumbuhan, sehingga pertumbuhan terus terjadi bahkan saat ia meninggal.

Pada saat dia berusia delapan tahun, dia sudah memiliki tinggi badan 189 cm dan berat badannya 77 kg. Penduduk Illinois begitu besar perhatiannya terhadap Robert Wadlow, sehingga di sekolahnya pun dibuat meja khusus untuknya.

Dunia kedokteran pada saat itu belum begitu maju seperti sekarang, sehingga tidak memiliki perawatan untuk ketidakseimbangan hormon semacam yang diderita Wadlow. Dia mengalami kesulitan bergerak di sekitar kampusnya karena tulangnya yang rapuh dan perlu memakai penyangga kaki pada akhir hidupnya.

Demikian info mengenai 10 Manusia Tertinggi di Dunia Sepanjang Masa. Semoga info ini ada manfaatnya. Jika ada saran atau perbaikan siakan tuliskan dalam komentar.

Informasi ini dirangkum dari berbagai sumber terutama Wikipedia.org. Terimakasih sudah mampir ke blog 10 Terpopuler di www.10thetop.com